Come and See My World

Catatan Prestasi Tita

Tita manjat-manjat
Di usianya yang baru 17 bulan ini, Tita sudah sangat membuat kami para orang dewasa berdecak kagum, terheran-heran dengan perkembangannya yang terhitung cepat. Kecuali untuk soal kemampuan berbicara yang belum terlihat, kami punya serentetan catatan tentang prestasi-prestasi yang sudah Tita torehkan.

  1. Mulai berlatih berdiri dan berjalan sejak usia 10 bulan. Mahir berjalan sejak 12 bulan. Dan sekarang dia sudah mahir memanjat kursi hingga lemari.
  2. Lihai menggunakan alat makan dan minum tanpa bantuan orang dewasa sejak usia 12 bulan. Tempat minum kakak-kakaknya mampu ia buka dengan teknik yang berhasil ia temukan sendiri, yaitu dengan menggunakan gigi-giginya.
  3. Mampu memahami perintah-perintah dari yang sederhana hingga yang rumit. Terakhir kami dibuat terkagum-kagum saat tiba-tiba ia mulai mekakukan sesuatu tanpa diperintah, seperti mengepel lantai jika ia menumpahkan sesuatu, atau meletakkan botol kembali ke meja jika sudah habis diminum.
  4. Tita layak disebut sebagai asisten bunda.  Dia sangat care dengan apa yang ada disekililingnya. Saat bunda heboh menyiapkan keperluan kakak-kakaknya menjelang berangkat sekolah, Tita dengan ekspresi tegas dan bersungguh-sungguh meminta kakak-kakaknya untuk segera menuju kamar mandi, dengan mengacung-acungkan tangannya menunjuk kea rah kamar mandi seraya berteriak “aaah…aaah…aaah…!” yang artinya “Mas, cepet mandi sana!”.
  5. Selain care, Tita punya kepribadian ramah, supel dan pandai bergaul (semoga analisa saya ini benar, dan bertahan hingga Tita dewasa kelak). Ini mungkin karena Eyang kakung rajin mengajak Tita ‘bergaul’ diperempatan jalan kampung tiap pagi dan sore, hehe. Tita akan otomatis menyapa para tetangga yang melewati jalan tempat ia nongkrong dengan mengacungkan tangan dan berteriak “aaah…!”.
  6. Jika ada tamu berkunjung ke rumah, tanpa disuruh Tita akan mengacungkan tangan ke sofa, tanda mempersilakan si tamu untuk duduk, lalu mulai menjabat tangat si tamu satu per satu. Dan saat saya membawakan minum dan snack untuk para tamu, Tita juga dengan sigap segera mengambilkan isi toples lalu disodorkan pada si tamu. Dia tidak akan beranjak sampai makanan itu diterima oleh si tamu.  Duuuh…sopannya anakku, hehehhe.

Subhanalloh. 17 bulan yang luar biasa. Semoga makin menjadi anak yang luar biasa kelak, anakku. 

Comments

Popular Posts