Come and See My World

Tita Si Guru Negosiasi

Tidak mudah menaklukkan hati gadis 4 tahun yang cantik lagi bawel ini. Jika kalimat “Ayoo,..kita beli-beli!” sudah Tita ucap, maka ia akan terus mengulangnya sampai salah satu dari kami, orang tuanya, mengiyakan permintaannya. Dijamin panas dan mendenging telinga jika tak segera hadir negosiator ulung, untuk mengajukan penawaran-penawaran menarik selain kegiatan ‘beli-beli’ kepadanya.

Proses negosiasi bisa berlangsung panjang, bahkan bisa sampai berhari-hari saking alotnya. Pernah sekali waktu Tita tantrum minta beli permen di depan meja kasir. Mengingat kondisi giginya yang nyaris habis, kami memang membatasi konsumsi permen untuknya. Lalu kami mencoba bernegosiasi dengan menawarkan beli vitamin yang mirip permen, tapi tidak sekarang, tunggu ayah gajian dulu. Alhamdulillah, kesepakatan tercapai. Namun upaya negosiasi kembali harus digelar saat vitamin sudah di tangannya. Tita ngotot mo nyemil itu vitamin. Sedangkan  kami sudah menetapkan aturan makannya, 1 ‘permen’ untuk 1 hari berikut penjelasan detail mengapa harus begitu. See, butuh berhari-hari untuk bersepakat hanya untuk satu perkara “permen” itu saja. Belum lagi soal Balon. Waa…bisa lebih panjang lagi ceritanya.

Well, anyway, meski harus jatuh bangun mengupayakan negosiasi agar si balita ini paham, moment-moment seperti ini tetap seru untuk direcall dan dicatat. So, ambil hikmahnya sajaah. Kami, orang tuanya jadi makin pandai dalam seni bernegosiasi. Tidak buru-buru snewen dan panas jiwa menghadapi hal yang tak sejalan dengan harapan kami. Tita juga makin lihai mengutarakan keinginannya, kenapa mau ini, kenapa harus beli itu dan yang utama, ia makin punya tolerasi untuk berdamai dengan keadaan jika keinginannya tidak dapat dipenuhi.


Thank you, Tita, for this learning…

Comments

  1. Mom, ngeblog juga yaaaak....tak follow ya Mom...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini adalah upaya biar tetap terlihat sibuk di meja saat sepi job, hahaay. udah bertahun2 bikin ginian, tapi aku juga belum mahir2 dengan seluk beluknya ni ciin... hhihihi. mohon bimbingannya, ya.. aku juga mo follow Tami aaah....

      Delete

Post a Comment

Popular Posts