Skip to main content

Mengenali Bakat Terpendam Balita


Beberapa anak dikaruniai bakat yang sangat menonjol sehingga semua orang langsung dapat melihatnya. Sedang sebagaian lainnya mungkin menyimpan bakat terpendam yang tersamarkan oleh kebiasaan yang menurut kebanyakan orang dianggap sebagai hal yang mengganggu, seperti cerewet, tak berhenti bicara, suka melamun, kelebihan energy, dan lain sebagainya. 

Berikut beberapa cara untuk membaca dan mengenali tanda-tanda bahwa balita menyimpan bakat terpendam dan saran untuk mengembangkannya.


Ananda suka mengurutkan benda

Dia suka memasangkan kaos kaki, menjajarkan mobil-mobilannya, atau mengelompokkan barang lainnya berdasarkan warna, ukuran atau bentuk. Dia juga menyukai sesuatu yang teratur dengan baik, rapi dan terpola.

Hal ini berarti : Ananda adalah seoarang auditory sequential learner, yaitu anak dengan kemampuan berpikir analitikal, mempunyai keteraturan tinggi dan sangat memperhatikan hal-hal detil. Dia sangat menyukai pola, yang dapat menjadi indikasi awal bahwa ananda punya kemampuan tinggi dibidang matematika dan ilmu pengetahuan kelak.

Bagaimana mengembangkannya: Mengajaknya untuk melakukan berbagai kegiatan dan permainan yang berhubungan dengan pola dan matematika, seperti permainan menggunakan manik-manik. Lebih banyak memberikannya aktifitas yang mengasah kemampuan matematikanya dan melakukan percobaan-percobaan sehingga menarik minatnya untuk menjadi ilmuwan.

Beri kesempatan pada ananda untuk mengatur sendiri mainannya. Jika ananda suka mengoleksi benda, sediakan container kecil dengan banyak laci sebagai tempat ananda menyimpan benda-benda kecil seperti kerang, batu-batuan, kristal dan lainnya, sehingga ananda dapat menghitung, mengurutkan dan mengelompokkannya.


Ananda tidak bisa berhenti bicara

Ananda yang cerewet mempunyai banyak kosa kata, mampu menyusun cerita yang rumit, dan membuat sedikit sekali kesalahan tata bahasa ataupun pengucapan. Ananda juga berbicara dengan sangat cepat dan sering kali tidak akan berhenti sampai waktu tidur datang. Dia akan terus bicara dan berusaha melemahkan anda dengan argument-argumennya.

Hal ini berarti: Kecakapan verbalnya adalah tanda awal bahwa ananda adalah anak berbakat. Hal ini juga akan menjadi kunci kesuksesannya di sekolah ataupun di segala aspek alam kehidupannya nanti. Anak-anak dengan bakat dan kemampuan mempengaruhi orang lain seperti ini biasanya akan memilih profesi di bidang hukum atau jurnalistik.

Bagaimana mengembangkannya: Dorong ananda untuk mendiktekan cerita dari sebuah buku yang biasa kita baca bersama ananda. Ajukan beberapa pertanyaan padanya, kemudian rekam jawaban dan pemikirannya. Kita juga bisa memintanya untuk mengirim surat pada saudara atau teman-temannya.

Berbarengan dengan upaya mengasah kemampuan bicara dan menulis ananda, ajarkan juga agar ia dapat menjadi pendengar yang baik.

Ajak ananda untuk lebih sering mengunjungi perpustakaan dan mencari buku-buku yang ‘menantang’ untuknya. Dia mungkin akan memilih buku dengan tulisan yang lebih banyak dan sedikit gambar, tidak seperti anak-anak lain seusianya. Dengarkan pemikiran dan argumennya, tetapi tetapkan batas waktunya jika ananda adalah seorang pedebat ulung. Dan tentukan juga jam ‘tenang’ baginya dalam satu hari.


Ananda suka mengutak-atik apa saja

Ananda selalu terdorong untuk mengeksplorasi tentang sebuah benda dan fungsinya. Dia suka untuk mengutak-atik tombol. Dia juga sering membongkar mainannya dan berusaha untuk memperbaikinya kembali. Dia sangat menikmati saat bermain membangun menara dengan mainan balok, dan sangat tertarik dengan kerja sebuah mesin.

Hal ini berarti: Ananda mungkin adalah seorang visual-spatial learner, suka memperlajari hal yang bersifat kebendaan dan keruangan. Anak yang suka permainan memperbaiki segala sesuatu kelak mungkin akan menjadi seorang montir, insinyur, arsitek, penemu atau ilmuwan.  

Bagaimana mengembangkannya: Sediakan berbagai mainan untuk membuat bangunan, seperti lego, balok dan lainnya sehingga ananda dapat membuat sebuah bangunan, merobohkannya dan kembali membangunnya sesuai dengan rancangannya sendiri. Dorong ananda untuk membuat sebuah benda dari kotak cereal dan kotak tissue atau dari benda apapun di sekitar rumah.

Kunjungi pusat-pusat bermain yang menyediakan permainan yang dapat membantu ananda mengeksplorasi kerja tangannya. Puaskan rasa keingintahuannya terhadap suatu benda dan cara kerjanya dengan memberikan permainan perkakas yang aman, seperti kunci dan gembok, atau mainan dengan banyak tombol. Saat sedang berjalan-jalan, tunjukkan pada ananda benda-benda mekanik, seperti lampu lalu lintas dan lainnya.

Pastikan untuk selalu dekat dengan ananda dan terus mengawasinya, karena anak tipe ini biasanya akan sangat penasaran dengan benda-benda bermuatan listrik, bahkan ingin tau lebih banyak tentang soket listrik dengan memasukkan pisau ke dalamnya.


Ananda suka melamun

Ananda sering kali terdiam dalam dunianya sendiri, seolah-olah sedang berbicara dengan dewi peri. Dia suka permainan ‘pura-pura menjadi’, suka menghabiskan waktu luangnya untuk menggambar dan punya banyak ide untuk disampaikan. Dia suka menggunakan suatu benda dengan cara nya sendiri, cara yang tidak biasa (seperti menggunakan sepatu sebagai sekop untuk menggambil sesuatu, atau menggunakannya untuk menyimpan benda-benda), dia bersikap sangat terbuka terhadap ide-ide segar dan lucu, dan berpikir dengan cara yang kreatif untuk memecahkan masalah.  

Hal ini berarti: Ananda yang suka berkhayal sepertinya tampak tidak fokus, tetapi dia mungkin sedang menggunakan waktu berkhayalnya untuk membangun sebuah gagasan besar. Aktifitas semacam ini biasanya menandakan  ia adalah anak dengan tingkat kreativitas yang sangat kuat, sebuah tanda yang sangat jelas bahwa ananda adalah anak berbakat. Keseharian yang biasanya mungkin terasa membosankan bagi ananda yang mempunyai daya imajinasi tinggi, sehingga ia akan ‘lari’ ke alam fantasinya yang sulit baginya untuk memisahkan antara yang nyata dan yang tidak.

Kelak, ananda mungkin akan mengejar pekerjaan-pekerjaan kreatif seperti menjadi seniman, actor, sutradara, perancang busana atau disainer interior. Atau dia akan menggunakan pemikirannya yang tidak biasa dan  kemampuannya memecahkan masalah dengan cara yang inovatif di bidang seni atau ilmu pengetahuan.

Bagaimana mengembangkannya: Tingkatkan terus kreativitas ananda, dengan berbagai cara. Sediakan berbagai piranti dan perlengkapan seni untuk mengembangkan daya imajinasinya. Mainkan musik dan nyanyikan lagu. Dan melakukan berbagai percobaan dengan berbagai proyek science.

Ajak ananda bermain dan melihat pertunjukan seni, dengarkan cerita-cerita fantasinya, dan sediakan alat peraga, jika mungkin beberapa penonton sekaligus, dan beri kesempatan padanya untuk unjuk kebolehan. Gunakan waktu libur keluarga anda untuk mengunjungi museum.

Tetapi jelaskan dengan tegas pada ananda kapan anda ingin mendengarkan sebuah dongeng khayalan dan cerita nyata.


Ananda suka menyusun puzzle

Ananda sangat mengagumi puzzle, suka bermain permainan detektif, memecahkan teka-teki, atau menggemari cerita-cerita misteri. Saat menyusun sebuah puzzle, biasanya ananda tidak akan menggunakan metode trial and error, coba-coba, tetapi langsung dapat  memasangkan kepingan yang benar pada tempatnya.

Hal ini berarti: Anak yang ahli menyusun puzzle adalah seorang visual-spatial learner. Dia cenderung berpikir dalam sebuah gambar, kemudian menggunakan kemampuannya untuk menyelesaikan keseluruhan gambar dalam puzzle tersebut. Kelak, dia mungkin akan menjadi seorang detektif handal, arkeolog atau seorang ilmuwan peneliti.

Bagaimana mengembangkannya: sediakan lebih banyak puzzle, dan berbagai permainan yang mengasah kemampuannya memecahkan teka-teki bentuk dan gambar. Juga permainan kata-kata, teka-teki, dan cerita misteri akan sangat membantu mengembangkan bakatnya.


Ananda suka mengatur

Ananda punya pendirian yang kuat tentang bagaimana sesuatu hal seharusnya dilakukan. Dia yang memutuskan jenis permainan apa yang akan ia mainkan. Juga dalam aktivitas lain, dia yang akan memegang kendali.

Hal ini berarti: Ananda yang pengatur ini mungkin membawa bakat sebagai pemimpin sejak lahir, yang akan memudahkannya saat di sekolah, dalam olah raga, dan banyak bidang lain di kehidupannya nanti.  Anak pengatur dapat menginspirasi temannya, melihat sebuah konflik atau masalah dari berbagai sudut pandang, dan mampu memberikan yang terbaik bagi tim atau kelompoknya. Kelak, kemampuan memimpinnya ini akan sangat bermanfaat di dunia bisnis, politik, organisasi masyarakat dan lembaga mediasi.

Bagaimana mengembangkannya: Kapanpun anda bisa, biarkan ananda yang mengatur. Dia mungkin akan bersemangat menjadi penunjuk jalan dan ingin anda mengikutinya saat sedang berjalan-jalan. Berikan kepadanya wewenang dalam melakukan pekerjaan rumah, seperti mengatur tempat rak sepatu. Biarkan ia mengatur sendiri kamarnya sesuai dengan apa yang ia inginkan (tetap dalam koridor kelayakan). Ajak dia untuk membantu memecahkan masalah keluarga seperti “Kita selalu saja terlambat saat pergi berenang. Bisakah kakak bantu bunda mencari cara supaya besok kita bisa datang tepat waktu?”

Puaskan hasratnya untuk memimpin, tetapi pastikan ananda tahu bahwa untuk urusan tertentu, khususnya tentang keselamatan dan urusan orang dewasa lainnya, orang tualah yang tetap memegang kendali.

Dan perkenalkan juga kepadanya tentang pentingnya bermain bergantian, mengambil antrian, dan mau mendengarkan, sehingga ia tidak akan dijauhi teman-temannya.


Ananda tidak bisa duduk tenang

Ananda selalu ingin melakukan apa saja, meskipun itu hanya sekedar berdiri. Dia sangat menikmati saat ia terus bergerak, memegangi benda-benda, merasakan sesuatu dan trus membuat anggota tubuhnya bekerja.

Hal ini berarti: Ananda tampaknya adalah seorang anak yang biasa dikenal sebagai physical learner, yang menyerap informasi lebih banyak jika dilakukan dengan melibatkan banyak aktivitas dan pergerakan.

Ananda suka melakukan olahraga, menari atau bermain musik dan cenderung mempunyai keterampilan motorik yang sangat bagus. Dia mungkin akan tertarik pada pekerjaan yang tidak ‘terikat di balik meja’, seperti menjadi guru atau penjaga hutan. Atau dia akan menggunakan keahlian dan keterampilan tangannya untuk menjadi chef.

Bagaimana mengembangkannya: Pastikan setiap hari, ananda memiliki banyak waktu untuknya melakukan aktivitas fisik. Agar tidak mudah bosan, merotasi jenis permainan dan aktifitasnya akan membuat segalanya terasa lebih fresh. Anak tipe ini juga sangat suka menjelajah dunia musik melalui gerakan, jadi beri kesempatan baginya untuk melakukan aktivitas menyanyi dan menari. Bagi anak yang suka menggunakan keterampilan tangannya, berikan peralatan gambar, melukis, manik-manik dan membuat kerajinan tangan.

Sama pentingnya bagi ananda yang super sibuk ini untuk memiliki ritual yang menenangkan menjelang tidur. Coba dengan menyajikan snack yang menenangkan, seperti susu dan sereal gandum, satu atau dua jam menjelang tidur. Lalu ikuti dengan mandi (membersihkan badan), buku, dan tidur. Memperdengarkan musik yang menenangkan dalam keadaan gelap juga dapat membantu ananda yang terus gelisah untuk segera beristirahat.


Bakat ananda masih menjadi sebuah misteri untuk anda

Jika kita masih belum dapat melihat tanda-tanda dalam diri ananda, teruslah berusaha untuk memberikan rangsangan untuk mengeluarkan bakatnya yang masih tersembunyi.

Bertukarpikiran dengan para orang tua teman sekolah ananda tentang perkembangan dan keseharinnya, akan memberikan lebih banyak wawasan baru bagi kita. Atau banyak melakukan konsultasi dengan guru di sekolah atau kelompok bermainnya, yang mungkin dapat membantu menunjukkan kepada kita ketertarikan dan kemahiran ananda di bidang tertentu.

Dengan mengetahui bakat alami ananda, kita dapat membantunya agar ia dapat ‘terlihat’, ‘terdengar’ dan ‘dimengerti’. Tetapi yang harus menjadi tujuan utama kita adalah untuk lebih mencintainya dengan apa yang ada pada diri ananda, untuk membantunya meraih cita-citanya.

Diterjemahkan dari sebuah artikel berjudul “How to spot your preschooler's hidden talents” dari www.babycenter.com

Comments

Post a Comment

My Popular Post

Tabel Berat dan Panjang Janin

Salah satu ritual yang saya gemari saat hamil adalah saat berkunjung ke dokter kandungan. Selain karna saya bisa menanyakan apa saja kepada sang dokter yang super ramah, moment yang paling seru adalah saat melihat ke monitor, menyaksikan tampilan gambar hasil USG. Menyaksikan pertumbuhan dan perkembangan janin dari bulan ke bulan dan memastikan semuanya berjalan sesuai track yang semestinya, selalu berhasil membangkitkan semangat saya diantara sekian macam rasa tak nyaman selama kehamilan berlangsung.

Twin to Twin Transfusion Syndrom: Azzam VS Abian

Saya mengenal istilah Twin to Twin Transfusion Syndrom (TTTS) pada saat saya mengandung Azzam dan saudara kembarnya. Terdengar keren, tapi itu adalah sebutan untuk sebuah penyakit plasenta pada kehamilan ganda, biasanya monokorion (plasenta tunggal) yang menjadi sebab saya kehilangan satu janin yang saya kandung.
Bahagia luar biasa, saat dokter mengabarkan seraya menunjukkan gambar USG di monitor bahwa kami akan memiliki sepasang bayi kembar. Terlihat jelas di monitor dua titik yang berkedip-kedip, tanda ada dua detak jantung yang menghuni rahimku. Bayangan serunya bermain dengan dua bayi yang menggemaskan langsung menghiasi benak kami. Hingga kunjungan ke dokter pada usia kandungan ke 5 bulan, kami masih sangat bersemangat, terlebih saat itu dokter menunjukkan jenis kelamin si kembar, dua bayi laki-laki!. Senangnyaa!!.

Pemuda Bermanfaat

Usai menidurkan Azzam dan Sasha, mata sepertinya belum juga mau ikut terpejam, maka kuputuskan untuk menemani ayah di meja makan, menikmati snack ringan sambil menyaksikan film di TV. Lepas pukul 21.00, saya mengamati iklan rokok mulai bermunculan di TV. Ada satu iklan rokok yang cukup menarik perhatian saya waktu itu. Dalam iklan tersebut digambarkan tentang beberapa kelompok anak muda dengan berbagai hobi mereka yang boleh dibilang ekstrim, bermain skate board di dalam sebuah gua, ski air dan off road. Sama sekali bukan hal buruk. Tapi mungkin karena itu semua ditampilkan untuk mengusung sebuah produk bernama rokok, maka persepsi saya pun tergiring ke arah penilain yang kurang bagus. Lalu saya teringat akan sebuah proposal hebat yang dikirim oleh sekelompok mahasiswa UI ke meja saya beberapa hari yang lalu. Saya pun mulai membandingkan keduanya. 

Kelahiran Normal Setelah Operasi Caecar

Saya akan sebut diri saya sebagai ibu yang beruntung karena dari dua proses kelahiran untuk dua buah hati saya, saya berkesempatan untuk merasakan kelahiran normal dan ceacar. Lalu jika ditanya, “sakit mana, normal apa caecar?”. Maka jawabku, semua sama beratnya. Proses kelahiran normal saat melahirkan azzam juga memberikan kenangan sakit yang luar biasa karena kontraksi, meskipun akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan ILA, sehingga saat bayi lahir, saya bisa menjalaninya dengan sangat relaks dan santai, tanpa ada rasa sakit. Suasananya persis seperti waktu senam hamil. Dokter memberi aba-aba untuk mengejan, dan sayapun bisa mengejan dengan penuh khidmad.
Sedang saat melahirkan Sasha, dokter terpaksa memutuskan untuk melakukan tindakan Caesar karena detak jantung bayi mulai melemah, sedang proses pembukaan tidak kunjung bertambah. Tidak ada sakit saat operasi berlangsung. Tapi sesudahnya, panas, nyeri dan sakit di daerah luka jahitan bekas operasi mulai terasa. Terlebih saat har…

Pengalaman Pertama Menabung di Bank

Saking seringnya anak-anak ikut ayah atau bunda ke ATM untuk melakukan tarik tunai, rupanya berdampak pada pergeseran makna dan fungsi ATM dari hakekat yang sebenarnya di benak anak-anak. Dari sebuah alat yang berfungsi untuk mempermudah nasabah melakukan penarikan tunai atas simpanan saldo dalam rekeningnya, bergeser menjadi sebuah cara mudah memdapatkan uang jika simpanan uang di dompet ayah atau bunda sudah habis. Anak-anak mengira jika ayah bundanya kehabisan uang, maka solusinya adalah cukup datang ke mesin ATM, masukkan kartunya, lalu keluarlah sejumlah uang sesuai keinginan. Hadeeeh… Kalian telah salah sangka, nak. Untuk mendapatkan uang sejatinya tidaklah semudah itu. Ada proses panjang yang harus dilalui sampai akhirnya uang itu bisa ada di ATM, siap untuk ditarik. Jelas, ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, harus segera diluruskan, hehe.
Beberapa diskusi panjang dengan anak-anak menjelaskan bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari mesin ATM sudah sering digelar. Dari …

Mengatasi Kejang Demam Anak

Peristiwa menakutkan April lalu, saat si kedua Sasha mengalami kejang masih begitu membekas dalam ingatan. Betapa ketidaktahuan menambah segalanya menjadi semakin menakutkan. Saya yang sama sekali tidak pernah membayangkan akan menghadapi peristiwa itu, sama sekali belum pernah menggali informasi tentang kejang demam, tetapi harus menghadapinya, maka yang ada hanyalah panik.

Go Get Your Gold, Azzam! (Catatan OSK 2016)

Babak penyisihan Olimpiade Sains Kuark (OSK) pertama Azzam berhasil dilalui dengan baik pada Sabtu, 20/02 kemarin.  Hiruk pikuk persiapan yang kami susun menjelang babak penyisihan kemarin menjadi momentum kebersamaan saya dan Azzam bak duo maut yang super kompak tak terkalahkan, aaiiih. Saya selalu amaze sekaligus terharu melihat semangat Azzam melahap setiap materi yang kebetulan memang sangat asyik dikonsumsi anak-anak ini, sehingga sama sekali jauh dari kesan drilling, atau pembelajaran intensif layaknya persiapan menjelang pertarungan olimpiade. Azzam sudah menggemari majalah Kuark ini jauh sebelum dia masuk SD. Perkenalan pertama Azzam pada Kuark terjadi karna saya rajin membawakan pulang majalah Kuark yang saya pinjam dari perpustakaan kantor. Saya sendiri, sejak pertama mengenal Kuark, juga langsung jatuh hati. Dimata saya, penggagas majalah ini pastilah orang yang sangat jenius, brilian, dan luar biasa. Bagaimana tidak, ilmu sains yang kadung dikenal sebagai pelajaran yang s…

Azzam dan Matematika (part 1)

Ketertarikan Azzam pada angka dan permainan-permainan yang berbau logika memang sudah dapat kami deteksi sejak dini. Saya ingat betul, betapa dia betah duduk manis untuk beberapa saat lamanya ketika disajikan setumpuk kepingan lego, puzzle, balok-balok dan kartu-kartu bergambar. Lalu saat TK A, dia sudah mulai menyukai angka, sudah paham konsep penjumlahan dan begitu antusias jika menjumpai lembar teka-teki silang di buku. Meskipun ujung-ujungnya nangis juga karena dia tidak mampu mnyelesaikan teka-tekinya.

Maka ketika saya mendapati surat pemberitahuan dari Ustadz Azzam di sekolah, yang menerangkan bahwa Azzam diikutsertakan ke dalam ajang seleksi kelas khusus Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) dari Klinik Pendidikan Mipa cabang Solo, jelas saya langsung berbunga-bunga. Yang membuat saya senang adalah, rupanya pengamatan saya terhadap Azzam sinkron dengan apa yang dilihat oleh pihak sekolah, utamanya oleh Ustadz yang membimbingnya sehari-hari di kelas. Hal ini sangat mele…

Kejutan Besar Si Sholih Azzam

Suatu hari Jumat yang super sibuk. Saking padatnya agenda Jumat itu, sampai-sampai tak sempat melirik handphone untuk diubek-ubek, sekedar check WA, BB atau FB. Ffiiuuh…intinya, hati dan pikiran sumpek betul hari itu. Astaghfirulloooh. Cuma bisa minta bantuan Alloh untuk bisa melalui hari itu dengan tetap menyungging senyum manis di wajah.
Alhamdulillah, Alloh menjawab kegalauanku. Menjelang dzuhur, kusempatkan untuk membuka pesan di Hp yang mulai menumpuk, karna belum sempat kubuka. Beberapa pesan mulai menggunung juga di group WA kelas si sulung Azzam.  Obrolan di group kelas 1 Ismail ini biasanya membahas tentang hal-hal penting untuk diketahui wali murid, karena maklum saja, anak-anak kelas 1 masih belum bisa banyak diharapkan dapat melakukan semua kegiatan secara mandiri sepenuhnya, jadi masih harus ada supporting penuh dari wali kelas dan wali murid. Nha, WA menjadi sarana yang paling mudah untuk menjembatani komunikasi guru dan orang tua siswa.
Kali ini, informasi yang disam…