Mengenali Bakat Terpendam Balita
Beberapa anak dikaruniai bakat
yang sangat menonjol sehingga semua orang langsung dapat melihatnya. Sedang
sebagaian lainnya mungkin menyimpan bakat terpendam yang tersamarkan oleh
kebiasaan yang menurut kebanyakan orang dianggap sebagai hal yang mengganggu,
seperti cerewet, tak berhenti bicara, suka melamun, kelebihan energy, dan lain
sebagainya.
Berikut beberapa cara untuk
membaca dan mengenali tanda-tanda bahwa balita menyimpan bakat terpendam dan
saran untuk mengembangkannya.
Ananda suka mengurutkan benda
Dia suka memasangkan kaos kaki,
menjajarkan mobil-mobilannya, atau mengelompokkan barang lainnya berdasarkan
warna, ukuran atau bentuk. Dia juga menyukai sesuatu yang teratur dengan baik,
rapi dan terpola.
Hal ini berarti : Ananda adalah seoarang auditory sequential
learner, yaitu anak dengan kemampuan berpikir analitikal, mempunyai keteraturan
tinggi dan sangat memperhatikan hal-hal detil. Dia sangat menyukai pola, yang dapat
menjadi indikasi awal bahwa ananda punya kemampuan tinggi dibidang matematika
dan ilmu pengetahuan kelak.
Bagaimana mengembangkannya: Mengajaknya untuk melakukan berbagai
kegiatan dan permainan yang berhubungan dengan pola dan matematika, seperti
permainan menggunakan manik-manik. Lebih banyak memberikannya aktifitas yang
mengasah kemampuan matematikanya dan melakukan percobaan-percobaan sehingga
menarik minatnya untuk menjadi ilmuwan.
Beri kesempatan pada ananda untuk
mengatur sendiri mainannya. Jika ananda suka mengoleksi benda, sediakan
container kecil dengan banyak laci sebagai tempat ananda menyimpan benda-benda
kecil seperti kerang, batu-batuan, kristal dan lainnya, sehingga ananda dapat
menghitung, mengurutkan dan mengelompokkannya.
Ananda tidak bisa berhenti bicara
Ananda yang cerewet mempunyai
banyak kosa kata, mampu menyusun cerita yang rumit, dan membuat sedikit sekali
kesalahan tata bahasa ataupun pengucapan. Ananda juga berbicara dengan sangat
cepat dan sering kali tidak akan berhenti sampai waktu tidur datang. Dia akan
terus bicara dan berusaha melemahkan anda dengan argument-argumennya.
Hal ini berarti: Kecakapan verbalnya adalah tanda awal bahwa ananda
adalah anak berbakat. Hal ini juga akan menjadi kunci kesuksesannya di sekolah
ataupun di segala aspek alam kehidupannya nanti. Anak-anak dengan bakat dan
kemampuan mempengaruhi orang lain seperti ini biasanya akan memilih profesi di
bidang hukum atau jurnalistik.
Bagaimana mengembangkannya: Dorong ananda untuk mendiktekan cerita
dari sebuah buku yang biasa kita baca bersama ananda. Ajukan beberapa
pertanyaan padanya, kemudian rekam jawaban dan pemikirannya. Kita juga bisa
memintanya untuk mengirim surat pada saudara atau teman-temannya.
Berbarengan dengan upaya mengasah
kemampuan bicara dan menulis ananda, ajarkan juga agar ia dapat menjadi
pendengar yang baik.
Ajak ananda untuk lebih sering
mengunjungi perpustakaan dan mencari buku-buku yang ‘menantang’ untuknya. Dia
mungkin akan memilih buku dengan tulisan yang lebih banyak dan sedikit gambar,
tidak seperti anak-anak lain seusianya. Dengarkan pemikiran dan argumennya,
tetapi tetapkan batas waktunya jika ananda adalah seorang pedebat ulung. Dan tentukan
juga jam ‘tenang’ baginya dalam satu hari.
Ananda suka mengutak-atik apa saja
Ananda selalu terdorong untuk
mengeksplorasi tentang sebuah benda dan fungsinya. Dia suka untuk mengutak-atik
tombol. Dia juga sering membongkar mainannya dan berusaha untuk memperbaikinya
kembali. Dia sangat menikmati saat bermain membangun menara dengan mainan
balok, dan sangat tertarik dengan kerja sebuah mesin.
Hal ini berarti: Ananda mungkin adalah seorang visual-spatial
learner, suka memperlajari hal yang bersifat kebendaan dan keruangan. Anak yang
suka permainan memperbaiki segala sesuatu kelak mungkin akan menjadi seorang
montir, insinyur, arsitek, penemu atau ilmuwan.
Bagaimana mengembangkannya: Sediakan berbagai mainan untuk membuat
bangunan, seperti lego, balok dan lainnya sehingga ananda dapat membuat sebuah
bangunan, merobohkannya dan kembali membangunnya sesuai dengan rancangannya
sendiri. Dorong ananda untuk membuat sebuah benda dari kotak cereal dan kotak
tissue atau dari benda apapun di sekitar rumah.
Kunjungi pusat-pusat bermain yang
menyediakan permainan yang dapat membantu ananda mengeksplorasi kerja
tangannya. Puaskan rasa keingintahuannya terhadap suatu benda dan cara kerjanya
dengan memberikan permainan perkakas yang aman, seperti kunci dan gembok, atau
mainan dengan banyak tombol. Saat sedang berjalan-jalan, tunjukkan pada ananda
benda-benda mekanik, seperti lampu lalu lintas dan lainnya.
Pastikan untuk selalu dekat
dengan ananda dan terus mengawasinya, karena anak tipe ini biasanya akan sangat
penasaran dengan benda-benda bermuatan listrik, bahkan ingin tau lebih banyak
tentang soket listrik dengan memasukkan pisau ke dalamnya.
Ananda suka melamun
Ananda sering kali terdiam dalam
dunianya sendiri, seolah-olah sedang berbicara dengan dewi peri. Dia suka
permainan ‘pura-pura menjadi’, suka menghabiskan waktu luangnya untuk
menggambar dan punya banyak ide untuk disampaikan. Dia suka menggunakan suatu
benda dengan cara nya sendiri, cara yang tidak biasa (seperti menggunakan
sepatu sebagai sekop untuk menggambil sesuatu, atau menggunakannya untuk menyimpan
benda-benda), dia bersikap sangat terbuka terhadap ide-ide segar dan lucu, dan
berpikir dengan cara yang kreatif untuk memecahkan masalah.
Hal ini berarti: Ananda yang suka berkhayal sepertinya tampak tidak
fokus, tetapi dia mungkin sedang menggunakan waktu berkhayalnya untuk membangun
sebuah gagasan besar. Aktifitas semacam ini biasanya menandakan ia adalah anak dengan tingkat kreativitas yang
sangat kuat, sebuah tanda yang sangat jelas bahwa ananda adalah anak berbakat. Keseharian
yang biasanya mungkin terasa membosankan bagi ananda yang mempunyai daya
imajinasi tinggi, sehingga ia akan ‘lari’ ke alam fantasinya yang sulit baginya
untuk memisahkan antara yang nyata dan yang tidak.
Kelak, ananda mungkin akan
mengejar pekerjaan-pekerjaan kreatif seperti menjadi seniman, actor, sutradara,
perancang busana atau disainer interior. Atau dia akan menggunakan pemikirannya
yang tidak biasa dan kemampuannya
memecahkan masalah dengan cara yang inovatif di bidang seni atau ilmu
pengetahuan.
Bagaimana mengembangkannya: Tingkatkan terus kreativitas ananda,
dengan berbagai cara. Sediakan berbagai piranti dan perlengkapan seni untuk
mengembangkan daya imajinasinya. Mainkan musik dan nyanyikan lagu. Dan melakukan
berbagai percobaan dengan berbagai proyek science.
Ajak ananda bermain dan melihat
pertunjukan seni, dengarkan cerita-cerita fantasinya, dan sediakan alat peraga,
jika mungkin beberapa penonton sekaligus, dan beri kesempatan padanya untuk
unjuk kebolehan. Gunakan waktu libur keluarga anda untuk mengunjungi museum.
Tetapi jelaskan dengan tegas pada
ananda kapan anda ingin mendengarkan sebuah dongeng khayalan dan cerita nyata.
Ananda suka menyusun puzzle
Ananda sangat mengagumi puzzle,
suka bermain permainan detektif, memecahkan teka-teki, atau menggemari
cerita-cerita misteri. Saat menyusun sebuah puzzle, biasanya ananda tidak akan
menggunakan metode trial and error,
coba-coba, tetapi langsung dapat memasangkan kepingan yang benar pada
tempatnya.
Hal ini berarti: Anak yang ahli menyusun puzzle adalah seorang visual-spatial
learner. Dia cenderung berpikir dalam sebuah gambar, kemudian menggunakan kemampuannya
untuk menyelesaikan keseluruhan gambar dalam puzzle tersebut. Kelak, dia
mungkin akan menjadi seorang detektif handal, arkeolog atau seorang ilmuwan
peneliti.
Bagaimana mengembangkannya: sediakan lebih banyak puzzle, dan
berbagai permainan yang mengasah kemampuannya memecahkan teka-teki bentuk dan
gambar. Juga permainan kata-kata, teka-teki, dan cerita misteri akan sangat
membantu mengembangkan bakatnya.
Ananda suka mengatur
Ananda punya pendirian yang kuat
tentang bagaimana sesuatu hal seharusnya dilakukan. Dia yang memutuskan jenis
permainan apa yang akan ia mainkan. Juga dalam aktivitas lain, dia yang akan
memegang kendali.
Hal ini berarti: Ananda yang pengatur ini mungkin membawa bakat
sebagai pemimpin sejak lahir, yang akan memudahkannya saat di sekolah, dalam
olah raga, dan banyak bidang lain di kehidupannya nanti. Anak pengatur dapat menginspirasi temannya,
melihat sebuah konflik atau masalah dari berbagai sudut pandang, dan mampu
memberikan yang terbaik bagi tim atau kelompoknya. Kelak, kemampuan memimpinnya
ini akan sangat bermanfaat di dunia bisnis, politik, organisasi masyarakat dan
lembaga mediasi.
Bagaimana mengembangkannya: Kapanpun anda bisa, biarkan ananda yang
mengatur. Dia mungkin akan bersemangat menjadi penunjuk jalan dan ingin anda
mengikutinya saat sedang berjalan-jalan. Berikan kepadanya wewenang dalam
melakukan pekerjaan rumah, seperti mengatur tempat rak sepatu. Biarkan ia
mengatur sendiri kamarnya sesuai dengan apa yang ia inginkan (tetap dalam
koridor kelayakan). Ajak dia untuk membantu memecahkan masalah keluarga seperti
“Kita selalu saja terlambat saat pergi berenang. Bisakah kakak bantu bunda
mencari cara supaya besok kita bisa datang tepat waktu?”
Puaskan hasratnya untuk memimpin,
tetapi pastikan ananda tahu bahwa untuk urusan tertentu, khususnya tentang
keselamatan dan urusan orang dewasa lainnya, orang tualah yang tetap memegang
kendali.
Dan perkenalkan juga kepadanya
tentang pentingnya bermain bergantian, mengambil antrian, dan mau mendengarkan,
sehingga ia tidak akan dijauhi teman-temannya.
Ananda tidak bisa duduk tenang
Ananda selalu ingin melakukan apa
saja, meskipun itu hanya sekedar berdiri. Dia sangat menikmati saat ia terus
bergerak, memegangi benda-benda, merasakan sesuatu dan trus membuat anggota
tubuhnya bekerja.
Hal ini berarti: Ananda tampaknya adalah seorang anak yang biasa
dikenal sebagai physical learner, yang menyerap informasi lebih banyak jika
dilakukan dengan melibatkan banyak aktivitas dan pergerakan.
Ananda suka melakukan olahraga,
menari atau bermain musik dan cenderung mempunyai keterampilan motorik yang
sangat bagus. Dia mungkin akan tertarik pada pekerjaan yang tidak ‘terikat di
balik meja’, seperti menjadi guru atau penjaga hutan. Atau dia akan menggunakan
keahlian dan keterampilan tangannya untuk menjadi chef.
Bagaimana mengembangkannya: Pastikan setiap hari, ananda memiliki banyak
waktu untuknya melakukan aktivitas fisik. Agar tidak mudah bosan, merotasi
jenis permainan dan aktifitasnya akan membuat segalanya terasa lebih fresh. Anak tipe ini juga sangat suka
menjelajah dunia musik melalui gerakan, jadi beri kesempatan baginya untuk
melakukan aktivitas menyanyi dan menari. Bagi anak yang suka menggunakan
keterampilan tangannya, berikan peralatan gambar, melukis, manik-manik dan membuat
kerajinan tangan.
Sama pentingnya bagi ananda yang
super sibuk ini untuk memiliki ritual yang menenangkan menjelang tidur. Coba dengan
menyajikan snack yang menenangkan, seperti susu dan sereal gandum, satu atau
dua jam menjelang tidur. Lalu ikuti dengan mandi (membersihkan badan), buku,
dan tidur. Memperdengarkan musik yang menenangkan dalam keadaan gelap juga
dapat membantu ananda yang terus gelisah untuk segera beristirahat.
Bakat ananda masih menjadi sebuah misteri untuk anda
Jika kita masih belum dapat
melihat tanda-tanda dalam diri ananda, teruslah berusaha untuk memberikan
rangsangan untuk mengeluarkan bakatnya yang masih tersembunyi.
Bertukarpikiran dengan para orang
tua teman sekolah ananda tentang perkembangan dan keseharinnya, akan memberikan
lebih banyak wawasan baru bagi kita. Atau banyak melakukan konsultasi dengan
guru di sekolah atau kelompok bermainnya, yang mungkin dapat membantu menunjukkan
kepada kita ketertarikan dan kemahiran ananda di bidang tertentu.
Dengan mengetahui bakat alami
ananda, kita dapat membantunya agar ia dapat ‘terlihat’, ‘terdengar’ dan ‘dimengerti’.
Tetapi yang harus menjadi tujuan utama kita adalah untuk lebih mencintainya
dengan apa yang ada pada diri ananda, untuk membantunya meraih cita-citanya.
Diterjemahkan dari sebuah artikel berjudul “How to spot your
preschooler's hidden talents” dari www.babycenter.com
Artikelnya bagus. Saya ijin share boleh ya.. :)
ReplyDeleteMakasih.
monggo, silakan, dengan senang hati..
Delete