Come and See My World

3 Masalah Besar Bunda


Semoga saya tidak sendiri. Karna saya merasa semua bunda pasti mengalami problem yang kurang lebih sama dengan apa yang saya alami dalam mengasuh balita. Masalah yang menjadi seninya seorang bunda. Masalah yang membuat saya begitu menikmati dan bahagia menjalani peran sebagai Ibu.


Mandi
Azzam mulai kurang suka diajak mandi saat memasuki usia 3 tahun. Butuh berbagai trik untuk bisa menggiringnya menuju kamar mandi. Yang ada, lama-lama bunda mulai merasa kehabisan ide untuk membujuknya. Dan jika emosi bunda sedang tidak kondusif, keadaan akan berubah menjadi huru-hara, karena bunda akan menggunakan upaya paksa yang membuatnya tidak suka dan kemudian menangis keras-keras. Jadi, setiap menjelang acara mandi, bunda sudah harus siap dengan skenario untuk menarik minat dia menuju kamar mandi. Yang terbaru, bunda siapkan selang sepanjang 1 meter, dan mengajaknya berpura-pura menjadi pemadam kebakaran.

pic source: pelitaonline.com

Makan
Hanya telur dan ayam yang Azzam suka. Sayuran? Huh..dia selalu tahu saat sayuran disembunyikan didalam omlet. Nasi? Entah mengapa, Azzam juga kurang menggemari nasi. Segala trik dan tips sudah dicoba, tapi tetap menguras kesabaran bunda saat waktu makan tiba. Lagi-lagi, harus menuntut kekreatifan bunda untuk terus memunculkan ide-ide menu apa yang mungkin ia suka dan bagaimana teknik merayu agar mau memakannya. Tapi saya maklum, karena saya memang juga punya masalah yang sama saat kecil dulu, jadi memang mungkin sudah menjadi bawaan Azzam sejak lahir yang ia dapat dari bundanya.

Tidur
Saking cintanya bermain, hingga tidak ingin menyia-nyiakan waktunya hanya untuk tidur yang akan mengurangi waktunya untuk bermain. Sepertinya itu yang ada dipikiran semua anak.  Ada-ada saja yang azzam minta jika sudah mulai diminta untuk masuk kamar dan tidur. Minta nonton TV, main lap top, minta belajar, semua terkesan mengada-ada. Tapi untuk urusan yang satu ini, bunda tidak bisa ditawar-tawar. Matikan semua lampu, dan dengan tegas tapi lembut memintanya untuk masuk kamar. Dan jika tetap tidak mau, pasti aka nada upaya paksa. Angkat, gendong dan langsung menuju tempat tidur. Benar-benar memicu adrenalin.

Tiga masalah saja. Terdengar sederhana, tapi akan jadi pikiran buat saya jika saya tidak bisa mengatasinya. Bunda pasti Bisaa!!

Comments

Popular Posts